Verifikasi dan pemuktahiran data penerima PKH melalui aplikasi E-PKH

Pemerintah Kota Bontang melalui Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat melakukan pemuktahiran data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH melalui aplikasi E-PKH yang dilaksanakan pada bulan November dimana verifikasinya dilakukan pada bulan agustus sampai   dengan oktober bertempat di Sekertariat PKH/Kantor perwakilan DSPM dengan jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH yang di verifikasi sejumlah 2.462 Keluarga.

Untuk menunjang kegiatan tersebut diatas kementrian Sosial meluncurkan aplikasi e_PKH versi android 2.1.8-1 sebagai pengganti SIM PKH. Oleh karena itu dilakukan bimbingan teknis kepada 15 pendamping PKH se-Kota Bontang yaitu pada 8 November 2019 yang bertempat di Sekretariat PKH. Dimana sebagai narasumber adalah Muliadi,S.Kom sebagai administrasi pangkalan data.

Selain bimtek ke pendamping PKH untuk menunjang kegiatan tersebut diharapkan pula aktifitas kehadiran Anggota Peserta PKH baik di sekolah dan di fasilitas kesehatan lebih rutin. Serta kehadiran Pengurus PKH dalam Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga juga turut dipantau. Apabila terdapat anggota maupun pengurus PKH yang tidak hadir/tidak komitmen maka bantuan yang diberikan di tahap selanjutnya akan di tangguhkan. Bila tidak ada perubahan perilaku dari peserta maupun anggota KPM PKH maka penangguhan bantuan PKH dapat menjadi pemberhentian dari kepesertaan PKH.

Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan KPM PKH lebih tepat sasaran dan tujuan dari program PKH tercapai yaitu mengurangi beban KPM (terutama kesehatan dan Pendidikan) dan diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar-generasi, sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari kemiskinan.